Saturday, May 28, 2011

Etika Komunikasi

BAB I
PENDAHULUAN

Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara orang-orang secara langsung atau tatap muka, agar pesertanya menangkap reaksi orang yang bersangkutan secara langsung, baik verbal maupun nonverbal.
Menurut Steward L.Tubbs dan slyvia Moss cirri-ciri komunikasi diantaranya:
-           Peserta komunikasi berada dalam jarak yang dekat
-          Peserta komunikasi mengirim dan menerima pesan secara stimultan dan spontan, baik secara verbal maupun nonverbal.
            Dalam berkomunikasi antarpribadi tentu saja diperlukan etika-etika komunikasi karena kita tidak hanya berkomunikasi sendiri, tetapi juga melibatkan pihak lain dalam berkomunikasi. Agar tidak tejadi miss communication maka diperlukan suatu hubungan timbal balik yang akan sangat bergantung pada jenjang hubungan tersebut.
 


PEMBAHASAN
Tujuan dari komunikasi menurut DeVito, yaitu:
1.Menemukan
Hal ini menyangkut penemuan diri (personal discovery). Bila kita berkomunikasi dengan orang lain, maka secara tidak langsung kita belajar mengenali diri sendiri dan juga orang lain. Contoh: saat kita curhat dengan teman kita, tentu saja kita merasa nyaman berkomunikasidan sehingga kita menjadi diri sendiri. 
2. Untuk Berhubungan
Salah satu motivasi kita yang paling kuat adalah berhubungan dengan orang lain, membina dan memelihara hubungan dengan orang lain.
Contoh: kita berkomuniksai dengan orang disekitar kita untuk menjalin suatu hubungan baik.
3. Untuk Meyakinkan                                                                                
Sebagian besar komunikasi yang kita lakukan adalah upaya kita untuk meyakinkan maupun mengubah perilaku.
Contoh: ketika teman kita sedang mngalami suatu masalah yang dakibatkan oleh pergaulan yang salah kita menhadi yakin bahwa pergaulan tersebut memang salah dan tidak perlu mengalaminya sendiri.
4. Untuk Bermain
Banyak perilaku komunikasi yang kita lakukan untuk bermain dan menghibur.
Contoh :saat kita sedih, salah seorang teman kita berusaha untuk menghibur kita dengan cara memancing kita untuk bercanda.
Komunikasi antarpribadi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang paling awal, dimana orang – orang yang terlihat komunikasi bisa menyatu, mengamati dan berempati satu dengan yang lain.
Aspek komunikasi antar pribadi terdiri dari:
- Pertemuan tatap muka
- Hubungan 2 arah
- Niat dan kehendak dari 2 pihak
- Waktu
Persahabatan yang baik dapat tercipta apabila kita mau melaksanakan etika tanggung jawab dalam komunikasi antarpribadi,  yaitu :
1. Keterbukaan
Keterbukaan di sini bukan berarti tanpa batas, tetapi masih ada kebebasan terbuka tanpa ada paksaan
2. Privasi
Privasi sangat penting dalam hubungan persahabatan, karena setiap individu memiliki hak privasi, dimana orang lain tidak boleh mengetahuinya. Privasi biasanya melindungi perilaku yang secara moral dinilai netral atau positif.
3. Perlindungan
Dalam hubungan persahabatan sangat penting adanya perasaan saling melindungi diantara partisipan.
4. Muslihat
Seringkali dalam persahabatan kita tidak bisa terlalu berterus terang pada sahabat kita tentang hal-hal tertentu yang akan menyebabkan kurangnya kepercayaan dari sahabat kita.


KESIMPULAN
        Komunikasi antarpribadi dapat kita simpulkan bahwa komunikasi yang terjadi atas dua orang atau lebih atau hubungan antara dua arah yang terjadi antara manusia dengan cara bertatap muka dimana ada respon dari penerima isi pesan yang di beri oleh komunikan, atau komunikasi dua arah yang bisa dilakukan melalui media telofon,di mana dalam proses komunikasi itu terdiri atas komunikan – isi pesan – receive dan feedback.


DAFTAR PUSTAKA

Prof. Mulyana, Deddy., M.A., Ph.D., Ilmu Komunikasi, Bandung, Remadja Rosdakarya. 2005.
Tubs, stewart L., Sylvia Moss, Human Communication, Terjemahan Deddy Mulyana, Bandung: Remadja Rosdakarya.

1 comment:

  1. assalamualaikum . . . .
    salam kenal

    disini yang mo Z tanxakan
    etika komunikasinya mana?

    ReplyDelete