Saturday, May 28, 2011

Rusian Service


Russian Servece.
Cara pelayanan ini dinamakan dengan cara Russia dan disebut juga dengan Platter Service atau Service Ala Russia. Ciri-ciri pelayanan ini adalah dengan menggunakan platter (lodor) dan makanan yang dibawa dalam platter tersebut dipindahkan ke dalam piring tamu dengan menggunakan sepasang sendok dan garpu service yang disebut dengan Clamp. Pramusaji yang melaksanakannya harus mahir dan trampil di dalam menggunakan cara pelayanan ini. Cara pelayanan kita dapatkan pada restoran utama, seperti Grill Room, Dining Room, Supper Restauran dan jamuan-jamuan yang bersifat resmi.


Russian service :
Di dalam beberapa hal, pelayanan a’la Rusia ini mirip sekali dengan pelayanan a’la Perancis. Pelayanan sangat formal dan para tamu mendapatkan perhatian pribadi yang sungguh-sungguh. Banyak menggunakan piring lodor besar dari logam dan menutup meja makannya sama dengan pelayanan a’la Perancis. Dua perbedaan yang menyolok di sini adalah bahwa dalam pelayanan a’la Rusia memerlukan seorang waiter untuk menyajikan makan, dan makanan sepenuhnya disiapkan, dimasak dan diproses di dapur. Makanan ditata diatur dengan rapi, menarik di atas piring lodor dari logam/platter di dapur, makanan dibawa oleh waiter/pramusaji ke ruang makan dengan piring panasnya diletakkan di atas kereta dorong yang sudah dilengkapi dengan alat pemanas/rechaud. Kereta dorong kemudian diparkir di pinggir, dekat meja tamu atau : makanan dalam platter dan piring panasnya dibawa ke ruang makan dengan baki besar, lalu diletakkan di atas "side stand"/meja samping. Pramusaji kemudian mengambil piring panas yang bersih tadi, disajikan dihadapan tamu-tamu dari sebelah kanannya, berjalan menglilingi meja makan searah dengan putaran jarum jam. Pramusaji kemudian mengambil platter yang berisi makanan, lengkap dengan sendok garpu penyaji, makanan ditontonkan kepada para tamu agar mereka terbangkit selera makannya dengan melihat susunannya yang bagus, rapi, indah dan menarik. Makanan lalu disajikan kepada para tamu wanita, dari sebelah kirinya berjalan mengelilingi meja makan berlawanan arah jarum jam. Kepada para tamu dipersilahkan megambil sendiri hidangannya sebagai kehormatan, kalau mereka tidak mau baru pramusaji yang mengambilkan. Untuk sisa makanan yang masih di atas platter kemudian dikembalikan ke dapur. Sebagaimana halnya pelayanan a’la Perancis, tempat cuci tangan dan tambahan napkin bersih juga diperlukan bila hidangannya ayam panggang atau lobster bakar. Mengangkat alat-alat kotor dapat dilakukan bila semua tamu dalam satu meja telah selesai makan semuanya, dilakukan dari sebelah kanan tamu.
Beberapa keuntungan daripada Russian Service diantaranya :
- Hanya memerlukan seorang pramusaji untuk melayani tamu.
- Pelayanannya mewah, megah sebagaimana pelayanan a’la Perancis.
- Pelayan sedikit lebih cepat dan murah.
- Para tamu mendapatkan perhatian sepenuhnya.
- Makanan ekstra yang dikembalikan ke dapur merupakan tambahan keutungan tersendiri.
- Tidak memerlukan ruangan restoran yang luas.

Beberapa kerugian pelayanan a’la Rusia diantaranya :
- Memerlukan banyak peralatan, terutama platter dan sendok garpu besar untuk penyaji, terutama bila para tamu pesan hidangan yang berbeda.
- Untuk tamu giliran terakhir, umumnya kurang nafsu makan karena melihat susunan makanan di atas platter tadi tidak rapi lagi.

Pelayanan a’laRusia disebut juga sebagai "modified Frenc Service" (pelayanan gaya Perancis yang sudah dimodifikasi). Umumnya dipergunakan di restoran utama hotel berbintang dan acara jamuan makan resmi kenegaraan/state banquet.


No comments:

Post a Comment